ISO 9001:2015
Penjelasan ISO 9001:2015
ISO 9001:2015 adalah Penerapan sistem manajemen mutu yaitu suatu keputusan strategis bagi suatu organisasi yang dapat membantu organisasi untuk meningkatkan kinerjanya secara keseluruhan dan menyediakan dasar yang kuat untuk inisiatif pembangunan berkelanjutan.
Manfaat Sistem Manajemen Mutu atau Kualitas
Manfaat potensial suatu organisasi yang mengimplementasikan sistem manajemen kualitas berdasarkan standar internasional adalah :
- Kemampuan untuk menyediakan produk dan jasa secara konsisten yang memenuhi kebutuhan
pelanggan dan persyaratan hukum serta peraturan yang berlaku; - Memfasilitasi peluang untuk meningkatkan kepuasan pelanggan;
- Menangani risiko dan peluang yang terkait dengan konteks dan tujuannya;
- Kemampuan untuk menunjukkan kesesuaian terhadap persyaratan sistem manajemen mutu yang
ditentukan.
Standar ini dapat digunakan oleh pihak internal dan eksternal. Persyaratan khusus sistem manajemen mutu dalam standar ini merupakan pelengkap untuk persyaratan produk dan jasa. Standar Internasional ini mempergunakan pendekatan proses, yang menggabungkan siklus Plan-DoCheck-Act (PDCA) dan pemikiran berbasis risiko. Pendekatan proses menggerakkan sebuah organisasi untuk merencanakan proses-proses dan interaksinya. Siklus PDCA menggerakkan sebuah organisasi untuk memastikan bahwa proses-proses mendapat sumberdaya dan pengelolaan secara sesuai, dan peluang untuk peningkatan dapat ditentukan dan dilakukan.
Pemikiran berbasis risiko menggerakkan sebuah organisasi untuk menentukan faktor-faktor yang dapat menyebabkan proses-proses dan sistem manajemen mutu menjadi menyimpang dari hasil yang direncanakan, untuk menempatkan kontrol pencegahan untuk meminimalkan efek negatif dan memaksimalkan penggunaan peluang yang muncul. Memenuhi persyaratan dan menangani kebutuhan dan harapan masa depan secara konsisten merupakan sebuah tantangan bagi organisasi dalam sebuah lingkungan yang semakin dinamis dan kompleks. Untuk mencapai sasaran ini, organisasi dapat melakukan adopsi yang diperlukan dari berbagai bentuk peningkatan untuk melengkapi koreksi dan peningkatan terus-menerus, seperti terobosan perubahan, inovasi dan re-organisasi.
Prinsip-prinsip Manajemen Mutu
Standar Internasional ini berdasarkan prinsip-prinsip manajemen mutu yang dijelaskan dalam ISO 9000. Penjelasan tersebut termasuk sebuah pernyataan dari setiap prinsip, sebuah alasan rasional mengapa prinsip adalah penting bagi suatu organisasi, beberapa contoh manfaat yang terkait dengan prinsip dan contoh atas tindakan-tindakan khas untuk meningkatkan kinerja organisasi ketika menerapkan prinsip tersebut. Prinsip-prinsip manajemen mutu tersebut adalah :
- Fokus kepada pelanggan;
- Kepemimpinan;
- Keterlibatan orang;
- Pendekatan proses;
- Peningkatan;
- Pengambilan keputusan berbasis bukti;
- Manajemen hubungan.
Persyaratan Sistem Manajemen Mutu
Standar Internasional ini menetapkan persyaratan untuk sebuah sistem manajemen mutu dimana organisasi:
- Dibutuhkan menunjukkan kemampuan organisasi untuk secara konsisten menyediakan produk atau layanan yang memenuhi persyaratan pelanggan dan hukum serta peraturan yang berlaku, dan
- Mencapai kepuasan pelanggan yang meningkat melalui penerapan yang efektif dari sistem, termasuk proses untuk peningkatan dari sistem dan jaminan kesesuaian dengan persyaratan pelanggan dan hukum serta peraturan yang berlaku.
Semua persyaratan dari Standar Internasional ini adalah bersifat umum dan dimaksudkan untuk dapat diterapkan pada semua organisasi, terlepas dari jenis atau ukuran atau produk dan jasa yang disediakan.
Proses Sistem Manajemen Mutu
Organisasi harus menetapkan, menerapkan, memelihara dan terus menerus meningkatkan sistem manajemen mutu, termasuk proses-proses yang diperlukan dan interaksinya, sesuai dengan persyaratan dari Standar Internasional ini. Organisasi harus menetapkan proses-proses yang diperlukan untuk sistem manajemen mutu dan penerapannya di seluruh organisasi dan harus:
- Menentukan input yang diperlukan dan output yang diharapkan dari proses-proses tersebut;
- Menentukan urutan dan interaksi dari proses-proses tersebut;
- Menentukan dan menerapkan kriteria dan metode (termasuk pemantauan, pengukuran dan indikator kinerja terkait) yang diperlukan untuk memastikan operasional yang efektif, dan
pengendalian atas proses-proses tersebut; - Menentukan sumber daya yang dibutuhkan dan memastikan ketersediaannya;
- Menentukan tanggung jawab dan wewenang untuk proses-proses tersebut;
- Menangani risiko dan peluang seperti yang ditentukan sesuai dengan persyaratan;
- Mengevaluasi proses-proses dan menerapkan setiap perubahan yang diperlukan untuk memastikan proses-proses tersebut mencapai hasil yang diinginkan;
- Meningkatkan proses-proses tersebut dan sistem manajemen mutunya.
Penjelasan diatas merupakan ringkasan tentang Sistem Manajemen Mutu atau ISO 9001:2015. Sistem Manajemen Mutu sangat bermanfaat untuk perusahaan barang dan jasa dalam meningkatkan pelayanan dan mutunya. Untuk ringkasan penjelasan klik dsini ISO 14001:2015 dan ISO 45001:2018. Konsultasikan ke admin kami untuk menjalani proses sertifikasi Sistem Manajemen Mutu 9001:2015, kami akan siap membantu dan membimbing anda melewati prosesnya.